Posted by: widasulistya | April 27, 2012

Pengedar Ganja Lintas Kota Dibekuk

Liputan6.com, Mamuju: Anak anak remaja di Provinsi Sulawesi Barat mulai terperangkap narkoba dan hal ini mesti mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Demikian dikatakan Ketua LSM Amanat Muda Darmawi di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (23/4).

“Konsentrasi lembaga kami adalah memberdayakan masyarakat, khususnya di tingkat anak anak remaja, dan kami menemukan data mengejutkan terkait peredaran narkoba di Sulbar,” kata Darmawi. “Dari hasil pemetaan, penyalahgunaan zat adiktif berupa lem aibon serta obat-obatan sudah menyentuh pada anak-anak remaja dan pelajar di Sulbar.”

Darmawi mencontohkan, Kota Mamuju pada salah satu wilayahnya terdapat sekitar 30-35 anak-anak usia antara 13 sampai 17 tahun penyalahguna obat terlarang dan berbahaya jenis tramadol, trihexyphenidyl. Bahkan, ada istilah di kalangan anak remaja di Sulbar, yaitu RD (racikan berbagai jenis obat seperti Mixagrip dan sejenisnya di tambah dengan tramadol, trihexyphenidyl).

“Tentunya hal tersebut dapat merusak anak-anak apalagi fisiknya masih belum kuat untuk menerima obat terlarang yang dibuat dari zat kimia yang berlebihan,” katanya.

Darmawi mengaku prihatin dengan kondisi tersebut karena sampai saat ini belum ada upaya dari lembaga pemerintah terkait untuk menangani hal tersebut, dan sementara hanya LSM Amanat Muda sendiri yang berupaya menyusun program untuk mencari solusi mengenai peredaran narkoba di kalangan anak tersebut.

“Lembaga kami akan segera melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Narkotika Provinsi Sulbar, dalam rangka melakukan pencegahan dan mencari solusi atas maraknya peredaran narkoba di kalangan anak-anak dan remaja itu,” katanya.(Ant/SHA)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: